Monday, January 9, 2017

Peran Penting Budaya dalam Pemasaran Global

   Peran penting budaya dalam pemasaran global yaitu, sebagai jati diri dalam berinteraksi dengan masyarakat internasional. Budaya juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi karakteristik produk yang dihasilkan. Hal ini berpengaruh pada perilaku konsumen yang kemudian diolah menjadi informasi bagi perusahaan. Pemasaran global berarti berhubungan dengan mitra, pesaing dan konsumen yang memiliki budaya yang berbeda. Oleh karena itu perusahaan harus bersiap menghadapinya dan mampu beradaptasi dengan tidak meninggalkan jati dirinya.


Dalam masyarakat global, masih terdapat anggapan dari kelompok sosial bahwa kelompoknyalah yang paling unggul atau yang biasa kita sebut etnosentrisme. Etnosentrisme memiliki dampak positif dan negative di tengah masyarakat yang multikulturalisme. Cara mengatasi etnosentrisme dalam multikulturalisme pemasaran global adalah dengan mendalami atau ‘mengalami’ budaya orang lain. Karena kita akan menjadikan masyarakat global sebagai pangsa pasar yang harus dimaksimalkan potensi pasarnya. Dengan tidak merendahkan budaya orang lain, melainkan mematuhi adat istiadat tempat di mana yang akan dituju sebagai pangsa pasar. Sehingga jati diri masing-masing kelompok tidak hilang dan juga tetap dapat menjaga pergaulan masyarakat global.

Sumber dan referensi:

No comments:

Post a Comment