Peran
penting budaya dalam pemasaran global yaitu, sebagai jati diri dalam
berinteraksi dengan masyarakat internasional. Budaya juga merupakan salah satu
faktor yang mempengaruhi karakteristik produk yang dihasilkan. Hal ini
berpengaruh pada perilaku konsumen yang kemudian diolah menjadi informasi bagi
perusahaan. Pemasaran global berarti berhubungan dengan mitra, pesaing dan
konsumen yang memiliki budaya yang berbeda. Oleh karena itu perusahaan harus
bersiap menghadapinya dan mampu beradaptasi dengan tidak meninggalkan jati
dirinya.
Dalam
masyarakat global, masih terdapat anggapan dari kelompok sosial bahwa kelompoknyalah
yang paling unggul atau yang biasa kita sebut etnosentrisme. Etnosentrisme
memiliki dampak positif dan negative di tengah masyarakat yang
multikulturalisme. Cara mengatasi etnosentrisme dalam multikulturalisme
pemasaran global adalah dengan mendalami atau ‘mengalami’ budaya orang lain.
Karena kita akan menjadikan masyarakat global sebagai pangsa pasar yang harus
dimaksimalkan potensi pasarnya. Dengan tidak merendahkan budaya orang lain,
melainkan mematuhi adat istiadat tempat di mana yang akan dituju sebagai pangsa
pasar. Sehingga jati diri masing-masing kelompok tidak hilang dan juga tetap
dapat menjaga pergaulan masyarakat global.
Sumber dan referensi:
No comments:
Post a Comment